Friday 7 February 2014

Onigiri

Hai guys, hari ini jumat 7 febuary 2014 saya mendapatkan pembelajaran lagi tentang Culinary. Hari ini di kelas saya belajar banyak tentang Onigiri. apa itu onigiri? onigiri adalah makanan kash di korea yang terdiri dari nasi, filling, dan rumput laut atau yang biasa disebut nori. Biasanya onigiri ini diisi dengan rasa yang asin atau asam. filling yang berisi asin atau asam ini berfungsi sebagai pengawet agar nasi lebih tahan lama. Onigiri disetiap negara memiliki nama yang berbeda-beda. di Jepang nama onigiri adalah Musubi, di Indonesia nama onigiri adalah Nasi Kepal, di Inggris nama Onigiri adalah Rice ball, dan di Belanda nama Onigiri adalah Rijstball. Onigiri tidak saja berbentuk segitiga, jaman sekarang banyak sekali orang-orang yang membentuk onigiri dengan bentuk-bentuk dan hiasan yang menarik dan lucu. ada banyak sekali filling yang biasa digunakan untuk mengisi onigiri ada daging salmon, mayo, tuna, buah dan masih banyak yang lainnya. selain itu saya juga mendapat pembelajaran tentang cara membuat onigiri. ternyata membuat onigiri tidak sesusah yang saya bayangkan, membuat onigiri hanya dengan cara :


Membentuk bulat nasi yang sudah dicampur dengan air garam, jangan lupa membasahi tangan dengan air dan garam. kemudian tekan bagian tengah, isi filling sesuai selera, kemudian bentuk bulat lagi dan bungkus atau hias dengan nori.
gampang kan? tidak sesusah yang orang pikirkan. selain menggunakan nasi putih yang berasal dari Jepang, onigiri ini juga ada yang terbuat dari nasi merah lho.. Onigiri yang terbuat dari nasi merah dan ketan ini sama persis seperti Onigiri pada umunnya, bedanya hanya dari nasi yang digunakan. seiring berkembangnya tekhnologi, ternyata juga ada mesin untuk membuat onigiri. selain itu yang membuat saya kagum, karena sangat popularnya onigiri sehingga ada juga mesin otomatis unutk membeli onigiri. Tidak hanya produk yang berkualitas saja yang diinginkan oleh masyarakat, tetapi design untuk menjualnya juga sangat penting. contohnya onigiri dengan packaging yang sangat membantu dalam memakan onigiri. dengan packaging seperti ini, maka orang dapa memakan onigiri dengan nori yang tetap kering. sekian pembelajaran yang saya dapatkan tentang onigiri :D

No comments:

Post a Comment