Thursday 20 February 2014

Tortilla

Hari ini Kamis 20 February 2014, saya mendapatkan pembelajaran lagi tentang culinary. Tema hari ini adalah Tortilla. Tortilla espanol adalah roti tipis yang digoreng hingga kering. Sebelum pembelajaran hari ini, saya kurang banyak mengerti tentang tortilla. Setelah pembelajaran hari ini saya mendapat banyak sekali banyak pembelajaran tentang tortilla. Tortilla ini ternyata berbahan baku tepung jagung dan tepung gandum. Awalnya adalah tepung jagung, Tetapi seiring berjaalannya waktu, mereka menggunakan tepung gandum sebagai inovasi karena tepung gandum memiliki gizi yang tinggi. Cara membuat tortilla ini Mirip dengan cara membuat prata, bedanya Hanya tortilla lebih tipis dan Lebar dibanding dengan prata. Ada bbeeberapa makanan yg Terbuat dari tortilla yang terkenal di dunia. Salah satunya adalah burito. Burito Terbuat dari tortilla yang diisi dengan daging, sayur, dan diberi saus. Saya juga baru tahu bahwa bedanya tepung jagung dengan cara tepung jagung di rendam dengan air lemon beberapa saaat hingga kulit nya lepas, kemudian ditumbuk hingga menjadi tepung jagung. 
Perbedaan antara tepung jagung dan gandum adalah, dengan menggunakan tepung gandum tortilla yang dibuat dapat lebih besar ukurannya dibanding dengan tepung jagung. Tortilla ini adalah makanan pokok orang Mexico. Cara membuat tortilla ada 3 caara yaitu toast, bake, dan potong goreng. Di Mexico banyak sekali macam jagung, ada jagung warna biru, kuning, dll. Tortilla menjadi makanan pokok karena di Mexico banyak sekali orang yang menanam jagung. Selain itu ada sorghum. Shorgum adalah pengganti saat jagung tidak ada. Uniknya dari tortilla ini adalah ada tortilla art. Tortilla art ini adalah Tortilla yang dibakar, kemudian dilukis. Harganya mahal sekali. Selain dengan cara manual, ada juga tortilla yang diprint. Tortilla art ini ada yang bisa dimakan, dan ada yang tidak bisa dimakan.


Unique business idea yang muncul dipikiran saya adalah membuat makanan yang ada di Indonesia dan digambar atau di print agar menjadi unik. Contoh krupuk/opak yang dapat di gambar dan di print foto. Sekian pembelajaran hari ini tentang Tortilla. See you next week :) 



No comments:

Post a Comment