Thursday 27 February 2014

Dipping Sauce and Dressing Sauce

Hello again guys… hari ini 27 february 2014 saya mendapatkan pelajaran lagi tentang

“Dipping Sauce dan Dressing Sauce”. Pengertian sauce adalah cairan yang dikentalkan semi liquid ditambah rempah-rempah.  Ada beberapa fungsi sauce yaitu menambah nilai gizi, menambah warna, rasa, kelembaban dan penampilan pada makanan. Apa yang saya ketahui tentang sauce? Yang saya ketahui tentang sauce adalah ada beberapa macam sauce seperti brown sauce dan anak-anaknya, mayonnaise, dll. 



Yang baru saya ketahui adalah ada beberapa bahan untuk mengentalkan sauce yaitu roux. Apa itu roux? Roux adalah Fat dan tepung kemudian dipanaskan. Ada juga beurre marie adalah fat dan tepung yang dijadikan satu tanpa dipanaskan. Ada juga liaison. Dipping sauce adalah sauce yang digunakan untuk mencocol makanan. Dressing sauce adalah emulasi dari minyak, cuka, rempah dan bumbu yang digunakan untuk sauce salad. Sauce ada beberapa macam yaitu brown sauce, white saucem green saucem hot sauce dan sweet sauce. Sweet sauce adalah sauce chocolate untuk coklat fondu, strawberry dll. Béchamel sauce adalah campuran susu dan roux. Bechamel sauce memiliki sauce turunan yaitu cream sauce dan mornay sauce. Selain itu brown sauce memiliki juga sauce turunan yaitu birdelaise, Robert sauce, mushroom sauce  yang biasa digunakan untuk steak, dan juga diable sauce. Untuk mayonnaise memiliki turunan andalaise sauce, cocktail sauce, remoilande sauce, dan thousand island sauce, masih ada banyak bermacam macam sauce yang memiliki sauce turunan atau mayonnaise turunan. Yang saya perlu ketahui tentang sauce adalah bagaimana cara agar sauce dapat tahan lama tetapi tidak menggunakan bahan kimia dan dapat dibuat dengan mudah di rumah. Ide bisnis yang saya pikirkan setelah mendapatkan banyak pengetahuantentang sauce adalah membuat cemilan makanan Indonesia dengan tema menyediakan berbagai sauce pilihan yang berasal dari bahan-bahan Indonesia. Sekian pembelajaran yang saya dapatkan tentang sauce. :)

No comments:

Post a Comment